Total Tayangan Halaman

Rabu, 29 Februari 2012

SMPN 3 Mandau Siap Melaju Ke Adiwiyata Provinsi


Berkat Dukungan Guru dan Murid


“Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.”

DURI – Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) 3 Mandau yang berada di Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis akan melaju ke tingkat Provinsi dalam Adiwiyata. SMPN 3 Mandau merupakan perwakilan dari SMP se Kabupaten Bengkalis yang akan mengikuti Adiwiyata tingkat Provinsi tersebut. Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Mandau Edi Sakura S.Pd M.Pd merasa sangat optimis akan memenangkan Adiwiyata tersebut. Berbagai persiapan dan juga persyaratan pun dipersiapkan SMPN 3 Mandau saat ini. Tidak hanya itu, dalam waktu dekat ini SMPN 3 Mandau akan memasukkan bahan sebagai persyaratan mengikuti Adiwiyata Provinsi ke Kabupaten Bengkalis.

SMP Negeri 3 Mandau bisa mendapatkan juara pertama Adiwiyata tingkat Kabupaten, berkat dukungan serta partisipasi dari guru dan juga siswa – siswi SMPN 3 Mandau. Demikian dikatakan Edi Sakura S.Pd M.Pd kepada menuliscerita, Rabu (29/02) bahwa bahan – bahan yang akan dimasukkan ke Kabupaten Bengkalis terlebih dahulu itu berupa kurikulum sekolah dan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS). Dimana, nantinya setelah bahan – bahan tersebut masuk ke Kabupaten Bengkalis baru akan diajukan ke tingkat Provinsi. “Nantinya akan dilakukan pengecekan apa benar ada kurikulum dan juga anggaran mengenai lingkungan hidup, hal itulah yang kita persiapkan saat ini,” tutur Edi diruang kerjanya.

“tidak hanya dilakukan pengecekan dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bengkalis saja, melainkan dari Provinsi pun akan menurunkan tim langsung ke SMPN 3 Mandau. Tim dari Provinsi nantinya akan mengecek langsung ke lapangan apa saja kegiatan – kegiatan yang ada di SMPN 3 Mandau yang berhubungan dengan kegiatan lingkungan hidup. Oleh karena itu, setiap kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan hidup kita (SMPN 3 Mandau-red) expose di media cetak maupun on-line,” pungkas Edi.

Ditambahkan oleh Edi, bahwa dirinya sangat berharap sekolah lain juga melakukan hal yang sama dengan menjaga lingkungan hidup disekitar lingkungan sekolahnya maupun di sekolah itu sendiri. Dan dirinya sangat optimis akan menang di dalam Adiwiyata Provinsi yanga akan berlangsung pada bulan April. “Dimana nantinya SMPN 3 Mandau akan bersaing dengan sekolah – sekolah unggulan lainnya yang ada di provinsi riau. Masuk sepuluh besar saja sudah alhamdulilah. Hari kamis (01/03) nanti akan kami kirim instrumen kelengkapan Adiwiyata Provinsi ke Bengkalis. Lalu akan dilanjutkan ke Provinsi. Guru – guru dan murid sangat antusias dengan Adiwiyata Provinsi ini. Tentunya tanpa ada dukungan dari guru dan murid sekolah tidak akan mampu melangkah sejauh ini,”ujar Edi sangat berharap.

Seperti dijelaskan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis Huzaini melalui Kasubid Pengembangan Lingkungan Hidup Nurman kepada menuliscerita, bahwa Adiwiyata tingkat Provinsi ini ada tiga sekolah yang sudah diusulkan ke tingkat Provinsi yaitu SMA Negeri 3 Mandau, SMP Negeri 3 Mandau dan SD Negeri 07 Mandau. Dimana, sekolah – sekolah tersebut merupakan pemenang Adiwiyata tingkat Kabupaten Bengkalis yang nantinya akan melawan sekolah – sekolah unggulan lainnya di tingkat Adiwiyata Provinsi. “Sekolah – sekolah tersebut sudah memenuhi syarat untuk mengikuti Adiwiyata tingkat Provinsi,” pungkas Nurman.

“Dalam hal ini, Pembinaan terhadap skolah –s ekolah yang meraih Adiwiyata tingkat Kabupaten Bengkalis akan terus dalam pantauan serta binaan BLH Kabupaten Bengkalis. “Pembinaan yang dilakukan dengan mendatangkan narasumber dari BLH Provinsi untuk membina sekolah-sekolah yang menang Adiwiyata tingkat Kabupaten Bengkalis. Untuk itu, sekolah – sekolah yang menang Adiwiyata tingkat Kabupaten harus menyusun syarat – syarat usulan ke tingkat Provinsi. Penilaian Adiwiyata tingkat Provinsi akan dilakukan pada bulan April 2012,” tutup Nurman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar